• Rabu, 27 September 2023

Asap Selimut Kerinci, Dinkes Imbau Warga Gunakan Masker

- Rabu, 6 September 2023 | 10:40 WIB

 

JAMBIONE.COM, KERINCI - Kabut asap beberapa pekan terakhir menyelimuti kabupaten Kerinci dan kota Sungai Penuh. Bahkan, pada Selasa pagi (05/09/2023), kabut makin pekat terlihat.

Pantauan hingga pukul 16.00 Wib, terlihat kabut asap menutupi Gunung Kerinci, dan perbukitan di kabupaten Kerinci dan Sungai Penuh. Bau asap pun mulai terasa menyengat pada hidung. Jarak pandang pun diperkirakan sekitar 2 Km.

Baca Juga: Wali Kota Jambi Bagikan Masker di Sekolah-Sekolah, Ajak Siswa Lindungi Diri dari Dampak Kabut Asap

"Ya, cuaca pagi ini memang agak pekat kabutnya. Memang lah hampir 2 Minggu lebih, berkabut di Kerinci. Warga pun ada yang terkena ISPA seperti batuk dan pilek,"ujar salah Doni salah seorang warga Kerinci.

Namun dari informasi yang diperolehnya bahwa kabut asap merupakan dampak dari pengembunan yang dilakukan di Provinsi Jambi. "Tapi kalau pengembunan kenapa bisa berlangsung lama, apakah asap kiriman dari kebakaran hutan di Jambi, itu kita tidak tahu,"ucapnya.

Dirinya pun berharap kepada Pihak terkait untuk mengeluarkan surat himbauan terkait dengan kondisi Kabut asap yang menyelimuti wilayah Kerinci dan Sungai Penuh. "Semoga ada himbauan dari pihak terkait untuk kabut Asap,"ujarnya.

Kadis Kesehatan Kerinci, Hermendizal, dikonfirmasi, mengayakan bahwa dengan kondisi cuaca yang yang berkabut di Kerinci. Pihaknya menghimbau untuk mengurangi/menunda aktifitas di luar ruangan/rumah terutama pada kelompok rentan (bayi, balita, ibu hamil dan lansia). Selanjutnya, jika keluar rumah dengan kegiatan yang penting, sebaiknya menggunakan masker.

"Kalau mau keluar rumah untuk hal yang penting, gunakan lah masker. Jika tidak ada hal penting, lebih baik dirumah saja. Untuk himbauan resmi ke masyarakat, akan kita buat surat edaran,"katanya.

Baca Juga: Kualitas Udara Kota Jambi Memburuk, Warga Diminta Hindari Aktivitas di Luar Ruangan

Sementara itu Kepala BMKG Depati Parbo Kerinci, Kurnianingsih, mengatakan bahwa kabut asap yang terjadi di kabupaten Kerinci dan Sungai Penuh merupakan asap Kirim dari daerah lain.

"Jarak pandang tgl 04 September, min 2 km, max 5 km, angin dominan dr tenggara, kelembaban min 59 %, max 95 %, kondisi cuaca, ASAP yg terbawa angin dari wilayah lain dan bercampur uap air," pungkasnya.(sau)

Editor: Paisal Kumar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Sepekan Segini Jumlah Peserta Daftar PPPK Kabupaten Tebo

Selasa, 26 September 2023 | 19:13 WIB
X